Home
Lobby ¤ Front Office ¤ Back Office ¤ Management
 
Jumat, 24 Oktober 2014
¤ Training  ¤ SOP
SOP
Front Office
Staff
Supervisor
Manager
Back Office
Account Receiveable
Account Payable
Accounting
Finance
Cashier
SOP Cashier

Tujuan SOP ini adalah agar bagian kasir dapat secara sistimatis membuat bukti penerimaan dan pengeluaran, sehingga setiap hari bagian finance dapat mengetahui dengan pasti jumlah saldo kas tunai IDR dan saldo Valuta Asing yang tersimpan di kantor.

Tanggung Jawab bagian kasir adalah memastikan kecocokan antara saldo fisik uang tunai IDR dan Valuta Asing dengan saldo akhir yang tertera pada laporan transaksi keuangan sistim TravelBOS, dan selanjutnya sebelum pulang kantor harus menyerahkannya ke finance atau bagian lain yang telah ditentukan.

Pekerjaan Harian bagian kasir adalah membuat bukti penerimaan terhadap semua transaksi penerimaan uang tunai IDR dan Valuta Asing, serta membukukan semua pengeluaran biaya yang telah ditentukan oleh finance. Dibawah ini adalah urutan pekerjaan yang harus dilakukan oleh bagian kasir.


1. Saat Masuk Kantor
2. Selama Jam Kerja
3. Sebelum Pulang Kantor

SOP Descriptions

1. Saat Masuk Kantor

  • 1.1. Setor Kas Tunai IDR & USD ke Bank

    Lakukan penyetoran saldo kas tunai IDR & USD hasil dari penjualan hari kemarin ke bank yang telah ditentukan dan slip setoran bank beserta uang tunainya sudah harus dipersiapkan hari kemarin sebelum pulang kantor. (lihat penjelasan nomor 3.1. dibawah)

    Setelah copy slip setoran diterima kembali, lakukan pemindahbukuan dari Kas Tunai ke Bank
    Cara melakukan pemindahbukuan dari Kas Tunai ke Bank


2. Selama Jam Kerja


3. Sebelum Pulang Kantor

  • 3.1. Hitung saldo fisik kas tunai IDR

    Lakukan perhitungan untuk saldo fisik kas tunai IDR dan bandingkan dengan saldo yang tertera pada Laporan Transaksi Keuangan TravelBOS.

    Jika saldonya tidak sama maka harus dicari sampai dapat transaksi untuk bukti penerimaan atau bukti pengeluaran apa yang belum dimasukkan kedalam sistim.

    Jika saldonya sudah sama maka buat slip setoran bank dengan menuliskan jumlahnya HARUS SAMA dengan saldo akhir yang tertera pada Laporan Transaksi Keuangan TravelBOS, contohnya jika saldonya sebesar 51.250.200 maka di slip setoran juga harus ditulis sebesar 51.250.200.

    Setelah slip setoran selesai dibuat maka gabungkan dengan uang tunainya dan masukkan ke brankas untuk dilakukan penyetoran keesokan harinya. (lihat penjelasan nomor 1.1. diatas)

    Jika esok hari bank tutup maka yang harus dilakukan adalah tetap membuat slip setoran per hari.
    Contohnya jika sekarang hari jumat maka buat slip setoran untuk saldo kas tunai per hari jumat, dan jika hari sabtu ada penjualan maka saldo kas tunai hari sabtu HARUS dibuat slip setoran khusus untuk hari sabtu saja, jangan digabung dengan saldo hari jumat, sehingga pada hari senin saat bank buka maka akan terdapat 2 slip setoran yaitu slip setoran hari jumat dan sabtu.

  • 3.2. Hitung saldo fisik kas tunai VALUTA ASING

    Jika ada kas tunai VALUTA ASING maka lakukan untuk setiap kas tunai VALAS yang ada persis seperti yang kamu lakukan pada kas tunai IDR diatas.

  • 3.3. Setlement merchant Kartu Kredit

    Lakukan proses penutupan transaksi kartu kredit untuk setiap merchant yang ada, kemudian bandingkan dengan saldo yang tertera pada Laporan Transaksi Keuangan TravelBOS, jika saldonya tidak sama maka harus dicari sampai dapat transaksi apa yang belum dimasukkan kedalam sistim atau mungkin saja ada penerimaan/pengeluaran yang dobel.

  • 3.4. Setlement merchant Kartu Debit

    Lakukan proses penutupan transaksi kartu debit untuk setiap merchant yang ada, kemudian bandingkan dengan saldo yang tertera pada Laporan Transaksi Keuangan TravelBOS, jika saldonya tidak sama maka harus dicari sampai dapat transaksi apa yang belum dimasukkan kedalam sistim atau mungkin saja ada penerimaan/pengeluaran yang dobel.

  • 3.5. Hitung saldo cheque/giro masuk

    Jika ada cheque/giro masuk, silakan hitung jumlahnya, kemudian bandingkan dengan saldo yang tertera pada Laporan Transaksi Keuangan TravelBOS, jika saldonya tidak sama maka harus dicari sampai dapat transaksi apa yang belum dimasukkan kedalam sistim atau mungkin saja ada penerimaan/pengeluaran yang dobel.

  • 3.6. Serah Terima ke Finance

    Hal terakhir yang dilakukan adalah mencetak Laporan Transaksi Keuangan untuk Kas Tunai IDR, Kas Tunai Valas, Kartu Kredit, Kartu Debit, Cheque/Giro kemudian berikan ke bagian finance. (lihat SOP Finance No. 3.1.)

    Berkas berkas yang diserahkan ke finance adalah sebagai berikut :
           » Laporan Transaksi Keuangan Kas Tunai IDR
           » Laporan Transaksi Keuangan Kas Tunai Valuta Asing
           » Laporan Transaksi Keuangan Kartu Kredit + Struk Kartu Kredit yang diterima hari ini
           » Laporan Transaksi Keuangan Kartu Debit + Struk Kartu Debit yang diterima hari ini
           » Laporan Transaksi Keuangan Cheque/Giro + Cheque/Giro yang diterima hari ini