Home
Lobby ¤ Front Office ¤ Back Office ¤ Management
 
Jumat, 31 Oktober 2014
¤ Training  ¤ SOP
SOP
Front Office
Staff
Supervisor
Manager
Back Office
Account Receiveable
Account Payable
Accounting
Finance
Cashier
Standard Operating Procedure

Standard Operating Procedure disingkat menjadi SOP yang penerapannya pada sistim TravelBOS ini mengacu kepada tata cara dan peraturan perusahaan biro perjalanan wisata yang berlaku di Indonesia.


Tujuan SOP ini dibuat adalah agar setiap divisi di travel agent mengetahui apa saja yang harus dikerjakan selama jam kerja dan apa saja yang harus dilaporkan sebelum pulang kantor sebagai tanda bahwa pekerjaan untuk hari ini telah selesai.


Manfaat SOP ini adalah terbentuknya sistim yang terpadu antara setiap divisi dan tidak terpengaruh jika terjadi pergantian Manager pada salah satu divisi atau General Manager dikemudian hari.


Penerapan SOP ini terkait erat dengan sistim TravelBOS yang sudah terpadu antara setiap bagian di travel agent, ada beberapa hal dari ketentuan SOP yang dapat dilewati dan ada hal hal yang harus dijalankan, secara ketentuan yang berlaku dan untuk mencegah terjadinya "kenakalan" dari pegawai.


Dipersilahkan untuk membaca terlebih dahulu semua menu SOP disebelah kiri halaman ini, untuk mendapatkan gambaran secara keseluruhan tentang SOP sistim TravelBOS dan untuk mengetahui bagaimana keterikatan antara satu bagian dengan bagian lainnya.